Wisata Liburan : Tirta Gangga

    Tirta Gangga adalah salah satu objek wisata terkenal yang berada di kawasan Karangasem,Bali. Terletak di Desa Ababi berjarak sekitar 6 KM dari Amlapura dan sekitar 85 KM dari Kota Denpasar.

    Tirta Gangga dibangun pada masa kerajaan Karangasem diperintah oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem di Tahun 1948 . Arsitektur taman air ini merupakan gabungan dari arsitektur gaya Bali dan Cina. 

Tirta berarti air dan diambil dari nama sungai Gangga. Air dari mata air Tirta Gangga dianggap sebagai air suci oleh umat Hindu di Bali. Dan dipergunakan untuk upacara di Pura-Pura di daerah sekitarnya.

Memasuki Tirta Gangga, dapat dilihat bahwa terdapat sebuah kolam di sisi kanan yang dihiasi oleh bebatuan indah yang diletakkan di sekitar kolam. Patung para dewa dan dewiberada di tengah-tengah kolam air.Di kolam ini juga terdapat ikan mas, sisik mereka bersinar seperti cahaya matahari yang terpantul ke dalam air. Bagian Tirta Gangga ini adalah tingkat Swah. Pada tempat ini terdapat juga kolam renang di mana penduduk lokal atau wisatawan dapa berenang atau sekedar berendam.

Luas taman air adalah 1,2 ha, terdiri dari tiga tingkatan tanah membentang dari timur ke barat. Di tingkat menengah, tingkat Bwah, terdapat sebelah buah air mancur Nawa Sanga berdiri elegan. Dan di tingkat Bhur, di sisi kiri jalan, lurus dari pintu masuk di sebelah barat terdapat kolam besar dengan sebuah pulau di tengah-tengahnya.

Tempat ini sangat cocok untuk yang ingin melepas kepenakan,karena ditempat ini udaranya sangat segar,karena dekat dengan gunung Agung. Tirta Gangga juga terkenal dengan keindahanya dan sering menjadi objek fotografi.

Posting Komentar